Direktur Utama Perumdam Tirta Darma Ayu Pimpin Ikrar Santri Pada Perayaan Hari Santri Nasional Bersama PCNU Kab. Indramayu

Resolusi jihad merupakan fatwa yang berisi kewajiban berjihad untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dengan melawan penjajah yang masih berada di Indonesia. Fatwa resolusi jihad itu bermula pada tanggal 17 September 1945, KH Hasyim Asy ari mengeluarkan fatwa jihad di kalangan kiai dan santri pesantren, untuk melawan para penjajah demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Fatwa itu kemudian melahirkan Resolusi Jihad yang disepakati dalam rapat di Kantor Pengurus Besar NU di Bubutan, Surabaya pada 21-22 Oktober 1945.

Dilansir dari arahbaru.com, Hari Santri Nasional 2023 mengangkat tema Jihad Santri Jayakan Negeri . Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menjelaskan tema tersebut berisi ajakan kepada para santri untuk melakukan jihad intelektual. Direktur Utama Perumdam Tirta Darma Ayu berkesempatan hadir pada acara perayaan hari santri dan sekaligus memimpin Ikrar Santri . Ikrar Santri merupakan pernyataan sikap dan komitmen para santri untuk senantiasa berpegang teguh pada akidah, ajaran, nilai, dan tradisi Islam Ahlussunnah wal Jama ah. Selain itu, Ikrar Santri juga menegaskan komitmen para santri untuk membela tanah air, Pancasila, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Makna dan Semangat Ikrar Santri

Ikrar Santri memiliki makna yang sangat mendalam. Ikrar ini tidak hanya sekadar pernyataan sikap, tetapi juga merupakan wujud semangat perjuangan dan dedikasi para santri untuk negeri. Ikrar Santri menegaskan komitmen para santri untuk berpegang teguh pada akidah, ajaran, nilai, dan tradisi Islam Ahlussunnah wal Jama ah. Ikrar Santri juga menegaskan komitmen para santri untuk membela tanah air, Pancasila, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Diposting pada 15 Oktober 2023 oleh Humas